Select Page

post-4

Dalam dunia online, mendapatkan $100 per hari itu bukanlah hal baru. Sebenarnya itu adalah sesuatu yang dapat dicapai, dan masuk akal untuk dilakukan, asalkan tahu caranya. Yang dibutuhkan adalah dedikasi, komitmen, planning, dan passion dalam menjalankan itu semua. Salah satu caranya adalah dengan Google AdSense.

Sebelum mulai lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu anda pahami tentang Google AdSense.

AdSense adalah program kerjasama dengan Google untuk menempatkan iklan Google di website anda, dan ketika pengunjung dari website anda mengklik iklan tersebut, Google akan membayar anda 68% dari nilai iklan itu. Dan hebatnya lagi anda bisa mendaftar secara GRATIS!

CTR atau Click Through Rate, adalah jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan iklan. Jadi misalkan website anda menampilkan 3 iklan AdSense pada setiap halaman, maka 1 tampilan halaman sama dengan 3 tayangan iklan. Dan apabila anda mendapatkan 5 klik dari 500 tayangan iklan, maka CTR anda adalah 1% (5/500X100). CTR = Clicks / Ad Impressions X 100.

CPC atau Cost Per Click, adalah pendapatan yang anda peroleh setiap kali pengunjung mengklik iklan anda. CPC ditentukan oleh pengiklan. Dalam beberapa niche market seperti asuransi, forex, property, produk online, pengiklan bersedia membayar per klik lebih mahal daripada yang lain.

Untuk mudahnya, ketika CTR anda 1% dan rata-rata CPC anda adalah $0.25, maka mendapatkan $100 per hari bukanlah hal yang mustahil.

Mari asumsikan bahwa Page View (Tampilan Halaman) adalah Tayangan Iklan. Maka untuk mencapai $100 anda membutuhkan 40.000 page view per hari. Atau 400 klik, dengan CTR 1% dan CPC $0.25. Lalu bagaimana caranya bisa mendapatkan 40.000 page view? Anda harus membuat 500 artikel atau konten menarik di website anda, dan masing-masing konten ini harus dibuka sebanyak 80 kali atau lebih setiap harinya.

Terasa berat? Ya, tentu akan berat sekali jika anda melakukan semua itu dalam waktu 1 minggu atau 1 bulan. Tetapi jika anda melakukannya secara bertahap dengan 1 posting setiap hari, maka akan terasa ringan. Anda akan menyelesaikan itu semua dalam 500 hari, atau sekitar 1,4 tahun, dan anda cukup menginvestasikan waktu selama 1-2 jam setiap hari untuk mencapai hal ini.

Sekarang asumsikan dengan $100 per hari, artinya $3.000 per bulan, $36.000 per tahun. Dengan kurs dollar saat ini, maka 36.000 x Rp 13.500 = Rp 486.000.000 per tahun, hanya dari Google AdSense saja. Tentu saja untuk mencapai hal ini membutuhkan waktu, tidak dapat dicapai dalam semalam saja. Kembali lagi, itu semua membutuhkan dedikasi, komitmen, planning, dan passion.

Semua hal besar selalu berawal dari sesuatu yang kecil. Anda bisa mencobanya dengan mencapai $1 per hari terlebih dahulu. Kemudian secara bertahap tingkatkan menjadi $5 per hari, $10 per hari, dan seterusnya. Hingga mencapai target yang anda inginkan. Karena segala sesuatu yang dapat diukur pasti bisa ditingkatkan.

Semoga bermanfaat.