Select Page

Model Pembayaran Iklan di Internet

Iklan merupakan penyumbang utama bagi perekonomian internet. Bila anda browsing halaman website di internet, anda akan sering melihat iklan untuk website atau produk lain. Sementara itu banyak perusahaan menghabiskan uang untuk papan reklame atau iklan TV, dan mereka tidak pernah tahu persis berapa banyak orang yang melihatnya. Tetapi dengan iklan secara online memungkinkan mereka untuk melacak dan mengetahui secara persis berapa banyak orang yang melihat iklan, berapa banyak yang melakukan klik dan bahkan berapa banyak yang dibeli. Dengan begitu anda hanya membayar ketika seseorang menjadi melihat atau mengklik iklan anda.

Dua puluh tahun yang lalu iklan dapat dibagi dalam lima kategori besar, yaitu cetak (display dan iklan baris), televisi, radio, luar ruang (billboard dan poster), dan selebaran (brosur). Tetapi saat ini setidaknya ada lima puluh model yang berbeda secara online di internet, dan masing-masing mengalami perubahan setiap harinya.

Jika dahulu orang lebih suka memasang iklan produk mereka di radio, koran, majalah ataupun televisi, maka sekarang internet adalah penggantinya. Iklan di Internet bisa dilihat semua orang dari belahan dunia manapun, dan salah satu keunggulan iklan di internet adalah biaya yang sangat murah dan proses pembuatan iklan yang sangat mudah.

Kini internet sudah menjadi media yang sangat populer, bukan hanya menjadi media informasi, tetapi sudah menjadi ladang bisnis. Itu dikarenakan internet adalah media yang bebas, transparan dan universal. Semua orang di dunia ini bisa mengakses internet, tentu saja dengan syarat orang tersebut harus terhubung dengan internet.

Pergerakan iklan ke arah online telah menciptakan banyak sekali bentuk iklan baru di luar model iklan konvensional. Saat ini saya hanya akan membahas 2 jenis model pembayaran iklan di internet yang paling banyak atau sering digunakan, yaitu Cost Per Impression atau lebih dikenal dengan istilah CPM (huruf M ini berasal dari huruf Romawi untuk ribuan) dan Cost Per Click atau lebih dikenal dengan istilah CPC.

1. Cost Per Impression

momendix

Cost Per Impression atau CPM adalah cara mengiklan dimana anda akan membayar iklan anda untuk per seribu kali tampil. Sebagai contoh, $1 CPM berarti $1 untuk 1000 tampilan iklan. Iklan CPM dihitung atas banyaknya tampilan iklan, tanpa perlu di klik oleh pengunjung. Pada dasarnya tayangan iklan dengan cara ini hampir sama seperti billboard di piggir jalan.

2. Cost Per Click

momendix

Cost Per Click atau CPC adalah cara mengiklan dimana anda harus membayar ketika seseorang mengklik iklan anda. Iklan ini bisa jadi lebih menghemat biaya daripada iklan berbasis Impression karena anda hanya membayar untuk orang-orang yang benar-benar mengklik iklan anda dan pergi ke website anda, bukan karena siapa saja yang melihat iklan mereka.

Seringkali orang akan berakhir dengan membandingkan dua model pembayaran iklan itu untuk mencari tahu, metode mana dan bagaimana yang lebih efektif untuk iklan. Sebenarnya tujuan menggunakan salah satu model pembayaran iklan benar-benar tergantung pada kebutuhan anda. Jika tujuan anda adalah untuk menghasilkan Brand Awareness maka iklan model CPM akan memberikan hasil yang lebih efektif. Tetapi apabila tujuan anda untuk menjual suatu jasa atau produk, maka iklan dengan model CPC akan lebih efektif.

Contoh paling jelas dari penggunaan metode iklan ini dapat dilihat pada Google dan Facebook. Saat ini Google Adwords adalah sistem periklanan di Google yang paling populer. Anda bisa memasang iklan baris, gambar, flash, bahkan memasang iklan di video. Biaya pemasangan iklan ini dihitung per klik. Jadi anda hanya akan membayar untuk setiap klik yang telah dibuat oleh pengunjung website. Nilai per klik ini pun sangat berbeda-beda. Tergantung dari keyword, dan wilayah atau negara yang akan dijangkau iklan.

Selain itu memasang iklan di Facebook juga merupakan pilihan iklan yang paling banyak digunakan baik di Indonesia, maupun luar negeri. Iklan yang tampil di Facebook juga bisa diatur, di negara manakah iklan akan diampilkan, di kota apakah, kepada pengguna facebook laki-laki atau perempuan iklan akan ditayangkan, pada pengguna berumur berapakah iklan akan ditayangkan di Facebook. Itu semua adalah fitur yang bisa didapat jika anda memasang iklan di Facebook. Selain itu iklan di Facebook juga memberikan pilihan, apakah anda akan menggunakan metode CPC atau CPM

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk memasang iklan di Internet. Mungkin tidak akan habis jika saya jelaskan semuanya di sini. Hanya itu saja yang bisa saya berikan untuk cara memasang iklan di internet.