Select Page

Bermain game untuk mencari nafkah selalu tampak seperti mimpi remaja yang tumbuh dewasa. Dibayar untuk memainkan game favorit adalah sesuatu yang kebanyakan anak-anak hanya berkhayal, tetapi saat ini, hal itu benar-benar dapat menjadi kenyataan bagi mereka yang bekerja keras dan berbakat.

Saat ini eSports telah booming di seluruh dunia, dan dipenuhi gamer berusia 15-30 tahun yang sekarang bermain game untuk mencari nafkah. Dari jutaan gamer yang memainkan game seperti Starcraft, Halo, atau League of Legends, mereka bermain dengan sangat baik sehingga dapat menikmati hidup penuh waktu untuk bermain game. Beberapa gamer top di dunia bahkan mendapatkan gaji hingga jutaan US dollar yang berasal dari sponsor, tim dan hadiah turnamen.

Jadi, bagaimana kita bisa mengikuti jejak mereka? Ada satu hal yang harus jelas sejak awal, yaitu kerja keras. Selain itu, ada sepuluh langkah yang harus kita lakukan untuk menjadi seorang gamer pro.

1. Berlatih
Mungkin menyenangkan jika kita bisa memainkan game yang kita sukai dan cukup mahir dalam hal itu. Tetapi apakah kita cukup menyukainya untuk bermain selama delapan jam sehari untuk setiap harinya? Karena itulah yang diperlukan jika kita ingin menjadi seorang profesional. Para gamer top memiliki jadwal latihan yang teratur terhadap competitor yang levelnya di atas tingkat mereka sendiri, karena itu adalah satu-satunya cara untuk benar-benar maju dalam keterampilan. Pastikan kita selalu bermain dengan orang-orang yang lebih baik dari kita, karena ini satu-satunya cara kita tumbuh sebagai gamer pro.

2. Pertahankan Pekerjaan
Sangat tidak disarankan bagi siapa pun yang baru putus sekolah atau berhenti dari pekerjaan mereka untuk beralih menjadi seorang full-time gamer, sampai setidaknya mereka memiliki beberapa indikasi dapat menghasilkan uang dan menghidupi diri mereka sendiri dengan bermain game. Jika kita telah memenangkan beberapa hadiah uang turnamen, atau mendapatkan penghasilan dari sponsor atau iklan, maka kita dapat mulai mengurangi aktivitas sehari-hari dan beralih menjadi full-time gamer. Selalu ada baiknya untuk memiliki rencana cadangan sebelum beralih profesi.

3. Belajar
Seperti halnya menemukan kesuksesan di bidang apa pun, penting untuk mempelajari mereka yang telah unggul di hadapan kita. Menonton replay berulang-ulang sampai kita mulai menyerap strategi dan taktik mereka adalah suatu keharusan. Para gamer ini telah menyempurnakan seni mereka selama bertahun-tahun, dan untuk seseorang yang baru memulai, sangat penting untuk mempelajari strategi dan taktik mereka terlebih dahulu dengan menonton, dan kemudian berlatih.

4. Komunitas
Perlu dipahami bahwa hampir semua gamer pro adalah bagian dari suatu komunitas, dan kita juga harus demikian. Baik itu berpartisipasi dalam diskusi forum atau membentuk tim kita sendiri, penting bagi kita untuk tidak berlatih seorang diri. Masukan dari luar dan mendiskusikan strategi dengan teman-teman yang juga bermain sangatlah penting ketika kita mencoba untuk menjadi seorang gamer pro.

5. Kontrol Emosi
Pahamilah bahwa ada saatnya kita akan kalah. Bahkan gamer-gamer terbaik di dunia pun pernah mengalami kekalahan sekitar tiga puluh hingga lima puluh persen dari permainan mereka. Kekalahan adalah bagian dari jalan untuk menjadi gamer yang lebih baik, marah dan mengumpat tidak akan membantu kita untuk meningkat atau menjadi lebih baik.

6. Keseimbangan
Seperti yang telah ditekankan sebelumnya bahwa jam latihan diperlukan untuk sukses, dan kita harus memiliki keseimbangan yang berarti mempunyai kehidupan di luar game. Banyak gamer pro memulai saat remaja, tetapi sekarang telah tumbuh dewasa dan memiliki keluarga mereka sendiri. Persahabatan dan keluarga sangat penting bagi kesehatan mental kita, jadi jangan acuhkan orang-orang yang ada di sekitar kita, dan hidup menyendiri untuk bermain game setiap saat.

7. Talenta
Perlu dipahami bahwa tidak semua orang cocok untuk menjadi gamer pro. Meskipun kita hebat, mungkin kita tidak memiliki kemampuan fisik yang setara dengan para profesional. ESports membutuhkan kecakapan fisik dan mental, dan para gamer top harus membuat ratusan tindakan dalam semenit setiap saat, yang membuat mereka bermain dengan kecepatan luar biasa. Hal itu mungkin tidak dapat dilakukan oleh semua orang, tidak peduli seberapa banyak mereka berlatih. Kita mungkin pandai bermain golf, tetapi itu tidak berarti setelah 10.000 lubang, kita akan menjadi seorang Tiger Woods.

Bagi kita semua yang bercita-cita menjadi seorang gamer pro, selalu ingatlah tujuh langkah ini saat bermain. Bermain game selama berjam-jam adalah latihan yang baik, dan itu adalah sesuatu yang harus kita lakukan ketika memulai, karena betapa pentingnya bermain dan berlatih secara konstan adalah cara untuk menjadi yang terbaik. Tetapi ingatlah di atas segalanya bahwa bermain game itu seharusnya menyenangkan, bahkan ketika dimainkan secara profesional.

Semoga bermanfaat.