Select Page

Video game yang kompleks, menantang, dan ambisius telah datang jauh sejak tahun 1970-an, bukti menunjukkan bahwa manfaat bermain game telah melampaui hiburan dan meningkatkan koordinasi tangan-mata. Berikut ini adalah 6 kebiasaan khas yang dimiliki setiap gamer.

1. Semua Bisa Berhasil
Para gamer tumbuh di dunia dimana semua orang dapat berhasil dalam apa pun. Setiap gamer dapat memenangkan game-game yang mereka mainkan, asalkan mereka cukup gigih dan pantang menyerah dalam waktu lama. Walaupun ada beberapa gamer yang memerlukan waktu lebih lama untuk berhasil melewati semua level, tetapi pada akhirnya mereka tetap bisa melakukannya. Pengalaman ini memberikan keberanian, ambisi dan kegigihan kepada para gamer. Membuat mereka menyadari situasi bahwa investasi waktu dan usaha lebih adalah penting.

2. Berani Mengambil Resiko
Generasi gamer tumbuh dengan memainkan game yang penuh peluang dan resiko. Hampir setiap game yang mereka mainkan mengandung suatu algoritma probabilitas. Survei mencatat, bahwa seorang gamer dua kali lebih mungkin untuk percaya bahwa sukses dalam kehidupan tergantung kepada keberuntungan. Kepercayaan ini membuat mereka siap untuk menganggap berbagai kegagalan besar dalam hidup sebagai pengalaman ketika keberuntungan mereka sedang habis. Hal ini mengajarkan mereka untuk menganalisis game yang mereka mainkan untuk selalu mencari peluang yang lebih baik.

3. Belajar Dari Team
Seorang gamer mampu bekerjasama dengan lebih baik di dalam team, karena mereka cenderung senang bekerja sama dan saling membantu. Ketika bermain dalam grup, mereka seringkali mendorong para pemain baru atau newbie untuk mempelajari keahlian baru. Karena mereka tahu, bahwa game tersebut akan menjadi lebih menarik ketika semua pemainnya memiliki kemampuan untuk bersaing, mereka belajar dari melakukannya secara bersama. Belajar dengan pelatih gaya militer tidak akan cocok pada generasi ini, karena mereka tidak terbiasa untuk belajar orang yang lebih senior, dan bisa bermasalah dengan gaya kepemimpinan tradisional.

4. Gunakan Game Guide
Para gamer sangat menyukai panduan strategi baik dari buku maupun website yang ditulis tanpa pretensi, yang berisi informasi rahasia atau cara untuk menang. Para gamer cenderung ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman sebagai sesama pemain, dengan menawarkan tip maupun strategi.

5. Simak Peta Navigasi
Video game sangatlah kompleks, namun game-game ini jauh lebih transparan daripada dunia yang kita kenal. Salah satu fitur yang banyak diandalkan para gamer adalah peta navigasi, yang menunjukkan posisi mereka relatif terhadap pemain lain, tujuan, hambatan, dan sumber daya. Para gamer ini berfungsi dengan sangat baik ketika mereka tahu posisi mereka, apa yang mereka perlukan untuk menang, dan apa yang perlu mereka hadapi. Gamer terbiasa menggunakan menggunakan sebuat peta, suatu panduan, atau semacam ukuran eksternal yang menunjukkan seberapa jauh mereka harus maju, dan apa yang menghalangi jalan mereka. Kita mungkin telah menyadari bahwa di dunia nyata jarang sekali menyediakan hal-hal semacam ini.

6. Cari Team Yang Cocok
Ketika bermain game, tidak ada yang lebih menyebalkan daripada bermain dengan seseorang yang nggak ngeh. Inilah sebabnya banyak dalam game multiplayer disediakan daerah-daerah khusus untuk pemain baru melatih kemampuan, sebelum mereka bermain bersama orang lain. Karena para gamer cenderung lebih menyukai team yang cocok dengan kemampuan dan gairah mereka atas suatu tantangan yang spesifik.