Select Page

10 Cara Membuat Website Tampak Profesional

Anda dapat mempunyai website untuk berbagai macam alasan. Mungkin beberapa dari anda membutuhkan website karena ingin menjual produk, sedangkan yang lain membutuhkan website karena ingin menunjukkan profesi, hasil karya, atau apa yang dapat anda lakukan. Tetapi pada dasarnya semua mempunyai satu tujuan yang sama, yaitu agar orang lain tahu siapa anda!

Ya, website adalah tempat untuk memperkenalkan siapa diri anda. Hal ini dapat berupa brand, produk, jasa, atau nama pribadi anda. Apapun profesi atau produk yang anda tawarkan, buatlah website anda sebaik mungkin, karena tampilan website ini akan mencerminkan seperti apa brand anda. Dalam membuat website, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui agar website anda bisa tampak profesional.

1. Logo

momendix

Logo adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung anda. Logo merupakan identitas yang mewakili brand anda, bagian yang akan membuat website anda tampak unik dan mudah untuk diingat. Di Indonesia, kita membaca dari kiri ke kanan, dari atas ke bawah, karena itu idealnya logo ditempatkan pada bagian kiri atas sebuah website.

Dalam membuat logo tidak harus selalu menyertakan nama brand anda, meskipun hal ini bisa dijadikan sebagai suatu alternatif. Namun pastikan untuk selalu menghubungkan logo ke halaman utama anda, karena ini adalah hal yang sudah umum digunakan, dan akan memudahkan navigasi pengunjung anda.

2. Tagline

momendix

Tagline adalah bagian dimana anda menjelaskan apa yang anda lakukan. Dalam hal ini tagline anda harus pendek dan tajam, meringkas apa yang anda lakukan. Tagline anda adalah deskripsi dari siapa anda, dan apa yang anda lakukan. Kadangkala membuat tagline bisa menjadi hal yang sulit, terutama jika anda belum dapat memahami brand anda secara keseluruhan.

Tagline anda harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan tepat sasaran. Tagline yang paling efektif adalah ketika pengunjung anda dapat memahaminya dengan mudah, dan cukup ditulis dalam satu kalimat.

3. Portfolio

momendix

Portofolio mempunyai peran penting bagi website anda. Umumnya pengunjung ingin melihat testimonial dan hasil pekerjaan anda, sebelum memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa anda. Karena itu sebaiknya anda tampilkan portofolio anda dengan gambar yang jelas, berkualitas, dan mudah diakses.

Selalu sertakan link ke website dari setiap project yang telah anda kerjakan, dan berikan penjelasan singkat untuk setiap project, termasuk skill berbeda yang dibutuhkan untuk menyelesaikan project tersebut. Tampilkan pula testimonial dari customer anda, karena hal ini dapat membuat pengunjung lebih tertarik dengan apa yang anda tawarkan.

4. Service

momendix

Apabila tagline telah menjelaskan apa yang anda lakukan, pada bagian service anda perlu untuk membuatnya lebih detail, dan memberikan penjelasan lebih spesifik tentang apa yang anda tawarkan.

Anda tidak dapat mengharapkan orang untuk menebak-nebak apa yang anda lakukan berdasarkan pada portofolio anda, atau membuat mereka bertanya-tanya apakah anda menawarkan jasa tertentu atau tidak. Berikan keterangan yang jelas dan detail tentang apa yang anda tawarkan, apakah itu produk, desain, video editing, copywriting, branding, dan sebagainya.

5. About

momendix

Ini adalah bagian untuk menceritakan segala sesuatu tentang anda, mulai dari latar belakang anda, dari mana anda berasal, berapa tahun anda sudah berkecimpung dalam bisnis ini dan sebagainya. Semakin jelas informasi yang anda berikan, akan semakin mudah untuk membangun kepercayaan dengan pengunjung anda. Jangan takut untuk memperlihatkan prestasi dan penghargaan anda disini, anda perlu menunjukkan bahwa anda kompeten pada apa yang anda lakukan.

6. Contact

momendix

Ini adalah salah satu aspek yang paling penting dari sebuah website, tetapi seringkali banyak orang membuatnya tampak tersembunyi atau bahkan diabaikan. Apabila seorang potensial customer telah melihat website anda, terkesan dengan portofolio anda, dan telah mengenal siapa anda. Berikutnya yang paling penting adalah bagaimana mereka dapat menghubungi anda. Kontak informasi anda harus jelas dan mudah untuk diakses, jangan menyembunyikannya di footer.

Biarkan orang tahu bahwa mereka dapat menghubungi anda untuk meminta penawaran. Gunakan contact form untuk memudahkan orang dalam menghubungi anda, sehingga mereka tidak perlu repot-repot mencatat atau mengingat alamat email anda. Dengan contact form maka akan memungkinkan bagi anda untuk meminta informasi spesifik, seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan sebagainya.

7. Blog

momendix

Menulis artikel dalam sebuah blog selalu merupakan ide yang bagus. Tulislah blog tentang bidang keahlian anda, hal itu akan menunjukkan bahwa anda tahu apa yang anda bicarakan. Hal ini akan membantu mempromosikan diri anda dan mencegah website anda berada dalam kondisi statis, atau tidak terupdate.

Pastikan selalu mengaktifkan komentar untuk feedback. Jangan membuat pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu hanya untuk menulis komentar di blog anda, karena hal ini hanya akan membuat orang malas untuk menulis komentar. Ada banyak plugin anti-spam tersedia yang tidak menyulitkan pengunjung anda dalam menulis komentar.

8. Call to Action

momendix

Tanyakan kepada diri anda, apa yang paling anda inginkan dari website anda. Apakah anda ingin mendapatkan banyak order? Ingin menarik lebih banyak pembaca? Atau mungkin hanya ingin orang mengenal siapa anda? Dalam setiap halaman website anda harus memiliki bagian Call to Action, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memberi tombol untuk action yang jelas, dan menonjol di setiap halaman. Atau bisa juga dengan memberi link yang terhubung ke halaman portofolio atau halaman kontak anda.

9. Social Networking Websites

momendix

Setelah membaca banyak bagian dalam website anda, kini selanjutnya ajak mereka untuk mengikuti anda melalui situs-situs sosial media yang lain. Anda dapat memberi penjelasan pada mereka, bahwa mereka dapat mengikuti anda di Twitter, Facebook, Flickr, LinkedIn, dan sebagainya. Manfaatkan situs sosial media ini, karena kelak akan menjadi salah satu aset utama anda dalam mengelola bisnis online.

10. Language and Communication

momendix

Bagian yang terakhir adalah komunikasi. Anda perlu membangun komunikasi dengan setiap pengunjung website anda, karena suatu saat mereka dapat menjadi calon potensial customer anda. Jadilah ramah dan bersahabat, tetapi juga jelas dan tepat, jangan bertele-tele.

Semoga bermanfaat.