Langkah Awal Dalam Memulai Bisnis Online

Langkah Awal Dalam Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis online bukanlah hal yang sulit jika anda tahu caranya. Kelebihan bisnis online adalah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, selama anda memiliki koneksi ke internet. Siapa saja dapat memulai bisnis online, yang penting adalah pengetahuan dan langkah awal yang tepat untuk memulai bisnis online ini.

Sebenarnya dunia online memiliki peluang yang cukup signifikan apabila digunakan untuk berbisnis. Banyak cara untuk memulai suatu bisnis di internet. Dalam dunia online, menjual produk ataupun jasa kadangkala bisa menjadi sesuatu yang membingungkan pada awalnya. Hal ini karena banyaknya pilihan yang membingungkan dan informasi yang saling bertentangan. Belum lagi ditambah maraknya risiko penipuan yang terjadi di internet.


Apa Yang Anda Perlu Tahu

momendix

Sebelum memulai bisnis online di internet biasanya orang menemukan kesulitan, yaitu mereka tidak tahu harus memulai dari mana. Untuk itu anda harus memahami langkah-langkah awal sebelum memulai bisnis online. Pada dasarnya setiap bisnis online memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga salah satu solusinya mungkin tidak cocok untuk semua orang. Tetapi sebelum memulai bisnis anda secara online, ada beberapa hal-hal mendasar yang perlu anda pahami :

  • Apa yang anda jual?
  • Bagaimana cara anda menjual?
  • Bagaimana anda menerima pembayaran?
  • Bagaimana produk anda dikirimkan?


1. Apa Yang Anda Jual?

momendix

Pada dasarnya dalam dunia online anda dapat menjual 2 jenis produk, yaitu fisik dan digital. Produk fisik biasanya berupa produk kecantikan, kesehatan, suplemen, pakaian, fashion dan lain-lain. Produk ini nantinya perlu dikirimkan ke pelanggan melalui layanan pos atau jasa kurir setelah proses pembaran selesai. Untuk produk digital, anda dapat menjual produk yang disampaikan secara elektronik, seperti e-book download, musik MP3, perangkat lunak dan lain-lain.


2. Bagaimana Cara Anda Menjual?

momendix

Sebelum menjual secara online, sebaiknya anda mengetahui dulu siapa target market anda, biaya pengiriman, cara pembayaran, proses pengiriman, sehingga mudah dalam menentukan harga akhirnya. Selain itu anda juga harus pandai dalam memilih strategi promosi dan pemasaran lewat internet. Detailnya informasi yang anda berikan juga berpengaruh dalam menentukan tingkat penjualan, karena informasi dan keberadaan kita akan menambah kepercayaan konsumen.

Apakah nanti anda hanya menjual satu jenis item saja seperti e-book? Atau anda akan menjual banyak macam item? Apakah barang-barang yang anda jual mempunyai banyak pilihan yang berbeda? Misalnya jika anda menjual t-shirt, maka ukuran dan warna mungkin dapat menjadi sebuah pilihan.

Sudahkah website anda memberikan penawaran khusus? Seperti “beli satu, gratis satu, diskon 50%, dan lain-lain”. Kadangkala menyiapkan jenis penawaran seperti ini bisa menjadi hal yang rumit jika anda mempunyai banyak jenis item.


3. Bagaimana Anda Menerima Pembayaran?

momendix

Di Indonesia untuk proses transaksi online umumnya masih dilakukan secara manual, yaitu dengan media transfer melalui bank. Biasanya setelah anda melakukan transfer dan konfirmasi pembayaran, baru kemudian barang akan dikirimkan. Selain itu, anda juga bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit maupun PayPal. Sebenarnya PayPal adalah cara mudah untuk mengambil pembayaran online, proses pembuatan account PayPal juga mudah, tidak memerlukan pemeriksaan kredit. Hanya saja untuk 2 jenis pembayaran ini masih sedikit digunakan dan belum umum di Indonesia.


4. Bagaimana Produk Anda Dikirimkan?

momendix

Jika anda menjual produk fisik yang perlu dikirimkan, maka anda juga perlu untuk memperhitungkan biaya pengiriman dan mengatur order pelacakan. Karena ketika anda menjual secara online, maka anda dapat menarik pelanggan dari berbagai macam kota di seluruh Indonesia bahkan hinga negara lain, sehingga anda perlu memutuskan bagaimana untuk menghitung biaya pengiriman untuk tujuan yang berbeda.

Usahakan pembeli anda dapat melacak order pesanan mereka dan mengamati proses pengirimannya. Untuk hal ini biasanya akan lebih mudah jika menggunakan pihak ketiga atau jasa kurir, yang memungkinkan untuk melacak order pembelian mereka melalui no resi yang diberikan.

Biasanya, ada beberapa website yang menawarkan gratis biaya pengiriman untuk minimum order dengan harga tertentu. Ada juga yang menawarkan pengiriman dengan operator yang berbeda, seperti melalui pos biasa atau jasa kurir. Anda perlu mempertimbangkan hal-hal seperti ini ketika merencanakan bisnis online Anda.

Ketika pelanggan anda membeli produk digital, seperti e-book, download musik atau perangkat lunak, yang mereka harapkan adalah untuk dapat segera men-download item mereka setelah melakukan pembelian. Karena itu usahakan untuk pengiriman produk digital dilakukan secepatnya, pengiriman ini dapat dilakukan melalui email dalam bentuk link atau kode aktivasi apabila diperlukan.


Kesimpulan

momendix

Saya harap artikel ini dapat menjelaskan beberapa pertimbangan teknis dalam mengembangkan sebuah bisnis online. Kini dengan sebuah website anda mempunyai kesempatan besar untuk membantu mengembangkan bisnis anda secara online dan meningkatkan penjualan. Ketika melihat bisnis anda dapat berjalan secara online dan pengunjung mulai melakukan pembelian pada website anda, percayalah itu adalah suatu pengalaman yang sangat memuaskan dan menyenangkan.